KURIKULUM tingkat satuan pendidikan (KTSp)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS VI (enam) sd / mi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri Topa
Kelas / Semester : VI (Enam) / 2
Nama : Arifatul Hidayah
NIM : A1B3 13 118
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri …………
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Kelas
/ Semester : VI/2
Alokasi
Waktu : 2 x 35
A. Standar
Kompetensi
2. Memahami
gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Membandingkan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara
tetangga
C. Indikator
-
Mendeskripsikan
gejala alam di Indonesia dan Negara-negara tetangga.
-
Mendeskripsikan
cirri-ciri gejalah alam Indonesia dengan Negara tetangga.
D. Tujuan
Pembelajaran
¨
Siswa
dapat Menjelaskan gejala alam di Indonesia.
¨
Siswa
dapat menjelaskan gejala alam di Negara tetangga.
¨
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri gejala alam di Indonesia
¨
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri gejala alam di Negara Tetangga.
¨
Siswa
dapat membandingkan cirri-ciri gejala alam Indonesia dan Negara tetangga.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence),
Jujur (fairness) dan Ketelitian (carefulness).
E. Materi
Pokok
§
Gejala
(peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran
þ
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|
Inti
|
Eksplorasi:
þ
Pengamatan
Peta Asia Tenggara
þ
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
þ
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan..
|
50
menit
|
|
|
Elaborasi:
þ Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
þ Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
þ Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
þ Menggambar peta negara-negara Asia
Tenggara
þ Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala
alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
þ Menunjukkan ciri-ciri gejala ala
Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
þ Menyebutkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
þ Tanya jawab ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
|
|
|
Konfirmasi:
þ
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
þ
Guru bersama sisiwa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan pengaturan dan penyimpulan.
|
|
||
|
|||
Penutup
|
þ
Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
þ
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
þ
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
þ
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
þ
Kesimpuan
guru dan siswa
þ
Evaluasi.
|
10 menit
|
|
|
G. Alat
dan Sumber Bahan
§
Gambar
Peta Indonesia
§
Gambar
peta asia tenggara
§
Buku
yang Relevan
Format
Kritteria Penilaian
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
·
semua benar
·
sebagian besar benar
·
sebagian kecil benar
·
semua salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
·
Pengetahuan
·
kadang-kadang pengetahuan
·
tidak pengetahuan
·
Sikap
·
Kadang-kadang sikap
·
Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai= (jumlah skor:
jumlah skor maksimal) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
……., ………….. 20….
Mengetahui
Kepala Sekolah Mahasiswa
……………………. ................................
NIP : NIM :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar