Kamis, 06 November 2014

RPP KTSP IPS SD



KURIKULUM tingkat satuan pendidikan (KTSp)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
KELAS VI (enam) sd / mi

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)



Satuan Pendidikan      :  SD Negeri Topa
Kelas / Semester          :  VI (Enam) / 2
Nama                               :  Arifatul Hidayah
NIM                                   :  A1B3 13 118

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                     : SD Negeri …………
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester    : VI/2
Alokasi Waktu         : 2 x 35

A.   Standar Kompetensi
2.   Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.

B.   Kompetensi Dasar
2.1 Membandingkan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara
tetangga

C.   Indikator
-          Mendeskripsikan gejala alam di Indonesia dan Negara-negara tetangga.
-          Mendeskripsikan cirri-ciri gejalah alam Indonesia dengan Negara tetangga.

D.   Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat Menjelaskan gejala alam di Indonesia.
¨      Siswa dapat menjelaskan gejala alam di Negara tetangga.
¨      Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri gejala alam di Indonesia
¨      Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri gejala alam di Negara Tetangga.
¨      Siswa dapat membandingkan cirri-ciri gejala alam Indonesia dan Negara tetangga.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Jujur (fairness) dan Ketelitian (carefulness).

E.   Materi Pokok
§  Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran
þ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit

Inti
Eksplorasi:
þ   Pengamatan Peta Asia Tenggara
þ   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
þ   memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan..
50 menit


Elaborasi:
þ   Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
þ   Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
þ   Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
þ   Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
þ   Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
þ   Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
þ   Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
þ   Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.


Konfirmasi:
þ   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
þ   Guru bersama sisiwa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan pengaturan dan penyimpulan.




Penutup
þ   Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
þ   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
þ   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
þ   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
þ   Kesimpuan guru dan siswa
þ   Evaluasi.
10 menit




G.   Alat dan Sumber Bahan
§  Gambar Peta Indonesia
§  Gambar peta asia tenggara
§  Buku yang Relevan
Format Kritteria Penilaian
   PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
·         semua benar
·         sebagian besar benar
·         sebagian kecil benar
·         semua salah
4
3
2
1


   PERFORMANSI
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.       




2.     
Pengetahuan




Sikap
·         Pengetahuan
·         kadang-kadang pengetahuan
·         tidak pengetahuan

·         Sikap
·         Kadang-kadang sikap
·         Tidak sikap
4
2
1


4
2
1


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






CATATAN :
Nilai= (jumlah skor: jumlah skor maksimal) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

                                                                                    ……., …………..   20….
            Mengetahui
            Kepala Sekolah                                          Mahasiswa


            …………………….                                       ................................
            NIP :                                                               NIM :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar